DUNIA PENYU




A.Penyu Sisik Semu (Lepidochelys olivacea). Enam sampai sembilan pasang sisik sisi terdapat pada tempurungnya, sisik perut berpori; dua pasang sisik diantara matanya. Merupakan jenis penyu terkecl. Makanannya terutama ganggang laut da udang. Telur biasa untuk obat, kulitnya untuk tas, sepatu. Telah di lindungi di Indonesia.



B.Penyu Bromo (Caretta caretta). Pada tmpurungnya terdapat lima atau lebih pasang sisik. Kepalanya besar dan sisik perutnya tidak berpori. Makanannya kepiting, kerang, ikan, ubur-ubur, ganggang laut. Telur dan dagingnya dimakan. Di Indonesia dilindungi.



C.Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata). Empat pasang sisik pada tempurungnya: Sisik tempurung bertumpang tindih, dua pasang sisik diantara dua matanya, kepala sempit dan mulut miripparuh elang. Makanannya bunga karang, bulu babi, ikan dan ganggang laut. Penyu ini sering diawetkan, tempurungnya sangat disukai sebagai bahan kacamata, sisir; telur dimakan dan digunakan sebagai obat. Dagingnya tidak dimakan. Terancam kepunahan, sudah dilindungi di Indonesia.



D.Penyu Hijau (Chelonia mydas). Empat pasang sisik sisi pada tempurungnya, satu pasang sisk diantara kedua matanya. Tempurungnya; halus karena sisiktidak tumpang tindih. Penyu dewasa makanannya ganggang laut. Populasinya cepat menurun karena daging penu jenis ini paling banyak diperdagangkan, diekspor. Selain dagingnya, telur penyu ini juga dimakan dan dijadikan obat. Kulitnya untuk sepatu dan tas. Tempurungnya untuk perhiasan. Sekarang sudah dilindungi.







E.Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea). Tempurungnya lunak dan tertutup kulit. Pada tempurungnya terdapat lima sampai tujuh garis bujur menonjol. Termasuk penyu terbear didunia. Makanannya terutama ikan dan ubur-ubur. Telur dan daging penyu ini dimakan. Di Indonesia satwa ini dilindungi.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama